Google Cara Install Ubuntu 13.04 Raring Ringtail |Pusat Informasi Komputer dan Windows

Cari di Lebih Dari 500 Artikel WIndowsku

Memuat...

Senin, 06 Mei 2013

Cara Install Ubuntu 13.04 Raring Ringtail

Selamat siang sahabat Windowsku. Kali ini, Windowsku akan membahas bagaimana cara menginstall distro terbaru dari Ubuntu, yaitu Ubuntu 13.04 Raring Ringtail yang baru saja dirilis bulan april lalu. Ada beberapa perubahan yang terjadi pada Ubuntu ini dari Ubuntu sebelumnya. Jadinya, bagi anda pengguna Ubuntu, jangan lewatkan Raring Ringtail ini, karena ada peningkatan kecepatan dan juga fitur tambahan menarik lainnya.

Mengatur Boot BIOS

Seperti biasa, bagi anda yang sudah paham, pastinya perlu mengatur Boot agar boot melalui media DVD atau USB. Jika anda melakukan burn Ubuntu ke DVD, anda harus mengatur agar BIOS melakukan boot dari DVD. Jika melalui USB, aturlah ke USB anda. Agar biar mudah, ikuti langkah dibawah ini:

Unduh ISO Ubuntu dibawah ini:

Kemudian, lakukan instalasi Ubuntu di Flash disk dengan cara menggunakan Universal USB Installer. Unduh aplikasinya disini:

Kemudian, aturlah pengaturan BIOS anda agar boot melalui USB. Tiap komputer berbeda pengaturannya. Biasanya, menu untuk mengatur boot ada di bagian "Boot Options".

Melakukan Instalasi Ubuntu 13.04 Raring Ringtail

Setelah anda selesai melakukan boot, otomatis Ubuntu akan muncul. Silahkan klik "Install Ubuntu" untuk melanjutkan.

Kemudian, Ubuntu akan mengecek apakah komputer anda terkoneksi internet atau tidak dan juga memeriksa, apakah terkoneksi dengan sumber listrik atau tidak. Jika tidak, anda tidak bisa melanjutkan instalasi Ubuntu. Jika anda berkenan, anda dapat melakukan install update sekaligus saat anda install Ubuntu. Caranya adalah dengan mengklik "Download updates while installing". Jika sudah, klik Continue.
Lalu, anda akan mulai memilih tipe instalasinya. Tergantung dari komputer anda, pilihan yang tersedia mungkin berbeda. Jadi, silahkan pilih yang menurut anda tepat. Disini, saya akan melakukan format disk, sehingga semua datanya terhapus. Jika sudah, klik "Install Now"
Masukkan tempat anda tinggal. Jika sudah, klik Continue.
Pilih jenis Keyboard Layout anda. Saya sarankan untuk tetap memilih yang default. Langsung saja klik "Continue".
Kemudian, masukkan nama anda, nama komputer anda. username, beserta password anda. Jika sudah, klik Continue.
Selanjutnya, tunggu hingga instalasi Ubuntu telah selesai. Sementara itu, anda akan dijelaskan berbagai fitur di Ubuntu yang menarik untuk anda. Jika semua telah selesai, Ubuntu akan melakukan Restart.

Selamat! Ubuntu 13.04 Raring Ringtail Sudah Selesai Terinstall

Anda telah siap menggunakan Ubuntu Raring Ringtail. Desktop awalnya seperti ini nih:

Sekian artikel hari ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk terus kunjungi Windowsku, Pusat Inforamsi Komputer dan Windows untuk mengetahui artikel menarik lainnya.
Comments
1 Comments

1 komentar:

Bagi pembaca yang ingin berkomentar, silahkan tinggalkan komentar anda melalui Facebook. Komentar yang ada di Facebook bisa saya tanggap dengan cepat. Komentar Blogger hanya bisa digunakan oleh pemegang Akun Blogger maupun Google+