Sabtu, 19 Januari 2013

Melakukan Maintenance dan Uninstall Program Dengan Bersih Menggunakan Advanced Uninstaller PRO

Kali ini, Windowsku akan membahas aplikasi yang sangat powerful dan sangat bagus untuk komputer anda, yaitu Advanced Uninstaller PRO. Walaupun nama aplikasi ini adalah 'PRO', namun aplikasi ini adalah Freeware yang artinya anda dapat gunakan secara bebas. Fungsi utama dari aplikasi ini adalah melakukan Uninstall program di komputer anda, sekaligus melakukan maintenance komputer.







Unduh Advanced Uninstaller PRO

Untuk memulai menggunakan aplikasi ini, anda harus mengunduh aplikasinya diwebsite berikut ini:
Lakukan instalasi setelah anda selesai mengunduh

Uninstall Program

Fungsi utama dari aplikasi ini adalah melakukan Uninstall program yang tidak dipakai lagi dan melakukan scanning terhadap file-file yang masih tertinggal dan program ini akan menghapusnya secara otomatis. Dengan begitu, komputer anda bersih dari file-file yang tidak berguna. Selain itu, program ini juga melakukan pembersihan registry dari program tersebut.

Untuk memulai melakukan Uninstall Program, bukalah Advanced Uninstaller PRO. Tampilan awalnya adalah sebagai berikut:

Gambar diatas merupakan tampilan awal dari Advanced Uninstaller PRO. Untuk memulai melakukan uninstall program, klik 'General Tools' dan klik 'Uninstall Programs'
Maka, anda akan diberikan daftar program-program yang terinstall di komputer anda. Untuk memulai melakukan Uninstall, klik program yang ingin anda hapus, dan klik Uninstall.
Lalu, akan ada konfirmasi kembali. Klik saja Uninstall.
Maka, program yang di-Uninstall akan melakukan penghapusan file. Selanjutnya, giliran Advanced Uninstaller PRO yang melakukan scanning file-file yang tidak berguna, seperti file di folder 'Program Files' atau di Registry. Untuk memulainya klik saja 'Next'.
Tunggu hingga Advanced Uninstaller PRO melakukan tugasnya.
Setelah selesai melakukan Scanning, Advanced Uninstaller PRO akan memberikan daftar file yang tidak berguna dan dapat anda hapus. Untuk memilih semua file, klik tombol 'Select' dan pilih 'Select all'. Setelah itu, klik Next.

Maka, file tersebut akan dihapus.

Fitur Lain dari Advanced Uninstaller PRO

Selain melakukan uninstall, aplikasi ini dapat melakukan hal lainnya. Windowsku akan menjelaskannya untuk anda:

General Tools
  1. Uninstall Programs: Melakukan Uninstall terhadap program di komputer anda dan menghapus file-file yang tidak berguna.
  2. Monitored Installations: Advanced Uninstaller PRO dapat mengecek semua proses instalasi program. Hal-hal yang dicek adalah semua informasi dari program yang anda install. Ketika anda melakukan Uninstall, Advanced Uninstaller PRO dapat menghapus secara keseluruhan file, karena sudah dicatat oleh Advanced Uninstaller PRO.
  3. Startup Manager: Dapat mematikan startup program yang tidak berguna, sehingga waktu untuk melakukan boot komputer dapat dikurangi.
  4. Service Manager: Melihat service di Windows yang berjalan dan anda pun dapat mematikan service yang tidak berguna.
  5. Quick Cleaner: Menghapus file-file yang tidak berguna di komputer, seperti file history, shortcut yang hilang, dan lain sebagainya.
  6. Start Menu Cleaner: Menghapus file-file yang tidak berguna di Start menu.
  7. Font Manager: Mengatur penggunaan font dan melihat font yang terinstall di Windows.
  8. Control Panel Manager: Melihat daftar menu Control Panel yang ada di komputer. Anda pun dapat menjalankan menunya langsung.
  9. Web Tools: Memberikan berbagai tools yang menyangkut dengan Web.
  10. Helps: Melihat bantuan cara menggunakan Advanced Uninstaller PRO.
File and Registry Tools

  1. Duplicate Tools: Mencari file yang duplikat di komputer. Tool ini sangat berguna untuk menambah ruang harddisk.
  2. Live File Compressions: Melakukan kompres terhadap file dengan bantuan File Compress yang ada di Windows. File yang dikompres dapat bekerja seperti sedia kala dan dapat digunakan kapan saja.
  3. File Shredder: Menghapus file secara sempurna tanpa meninggalkan jejak dan tidak dapat dikembalikan lagi. Pengguna harus hati-hati dalam menggunakan tool ini.
  4. Windows Temporary Files: Menghapus folder 'Temporary Files' di Windows. Folder tersebut tidak berguna dan dapat dihapus dengan aman.
  5. Registry Cleaner: Menghapus entry yang tidak berguna pada Registry.
  6. Registry Optimizer: Melakukan optimasi Registry dengan cara membuat ulang keseluruhan Registry dari awal.
  7. Registry Backup & Restore: Melakukan Backup Registry dan dapat mengembalikan lagi Registry yang telah di-backup sebelumnya.
Internet Browser Tools

Mengatur dan membersihkan file-file yang ada di browser anda. Browser yang didukung yaitu:
  1. Internet Explorer
  2. Mozilla Firefox
  3. Google Chrome
Reports

Memberikan laporan dari beberapa aspek di komputer, seperti
  1. Startup 
  2. Service (Layanan)
  3. Fonts
  4. Installed (File yang sudah diinstall)
  5. Install (File yang akan diinstall)
Itulah berbagai hal yang dapat kamu lakukan dengan Advanced Uninstaller PRO. Sekian artikel untuk hari ini, jika ada pertanyaan, anda dapat layangkan ke kotak komentar pada artikel ini. Akhir kata, selamat menjalani aktivitas anda dan tetap kunjungi Windowsku, Pusat Informasi Komputer dan Windows.
Comments
3 Comments

3 komentar :

  1. mantap bro.... punya link download windows 8? kalau ada saya minta download ya...

    Terima kasih

    BalasHapus
  2. kebetulan saya juga menggunakan ini. tapi yang ini fitur terbaru ya?

    BalasHapus

Bagi pembaca yang ingin berkomentar, silahkan tinggalkan komentar anda melalui Facebook. Komentar yang ada di Facebook bisa saya tanggap dengan cepat. Komentar Blogger hanya bisa digunakan oleh pemegang Akun Blogger maupun Google+