Google Software Tidak Bisa Diinstall? Inilah Tips Agar Software Bisa Diinstall |Pusat Informasi Komputer dan Windows

Cari di Lebih Dari 500 Artikel WIndowsku

Memuat...

Jumat, 21 Desember 2012

Software Tidak Bisa Diinstall? Inilah Tips Agar Software Bisa Diinstall

Sering kali kita memiliki software dan ingin menginstallnya, namun gagal dan muncul pesar error. Kalau saya sendiri pastinya kesal jika terjadi hal seperti itu. Lalu, langkah apa saja yang dapat kita lakukan agar software tersebut berhasil diinstall? Nah, Windowsku memiliki beberapa tips supaya software tersebut dapat diinstall. Mari kita simak bersama:









1. Menggunakan Compatibility mode

Di Windows XP, Vista, 7, maupun Windows 8 memiliki fitur 'Compatibility Mode'. Fungsi dari fitur ini adalah mencoba memakai pengaturan dari versi Windows sebelumnya, agar software tersebut dapat berjalan. Mungkin saja, software yang anda miliki adalah software lama dan hanya bisa diinstall di versi Windows sebelumnya.

Untuk memasuki compatibility mode, yang harus anda lakukan adalah klik kanan pada software yang ingin anda install, lalu klik 'Properties'
Gambar 1. Klik kanan lalu 'Properties'
Pada tab 'Compatibility', berikan tanda centang pada 'Run this program in compatibility mode for:'. Lalu pilih OS yang menurut anda software tersebut dapat berjalan. Pada gambar dibawah ini, saya memilih 'Windows XP (Service Pack 2)'
Gambar 2. Compatibility Mode diatur ke Windows XP (Service Pack 2)
Setelah selesai, klik OK. Dan coba install programnya. Jika berhasil, maka software tersebut dapat diinstall seperti biasa.
Gambar 3. Proses instalasi dari software 'ClipMagic'
2. Mencari versi terbaru dari Software

Jika cara diatas tidak berhasil, ada baiknya anda mencari versi terbaru dari software tersebut. Banyak sekali tempat untuh mengunduh software, namun saya biasanya mencarinya di download.cnet.com. Disana tersedia software yang lengkap. Banyak software yang diinstall gagal, karena mungkin terdapat bug  yang mengganggu. Seperti gambar dibawah ini, saya mencari versi terbaru dari 'ClipMagic'.
Gambar 4. Mencari versi 'ClipMagic' yang terbaru
3. Memeriksa beberapa komponen Windows

Banyak sekali software atau game membutuhkan software tambahan untuk bisa menjalankan software yang anda inginkan. Ketika anda mencoba menginstallnya, maka software tersebut akan meminta untuk anda menginstall komponen, contohnya sebagai berikut:

a. DirectX

DirectX merupakan sebuah runtime yang dibuat oleh Windows, agar anda dapt menikmati visual di Windows anda. Biasanya, game yang paling banyak meminta anda untuk menginstall DirectX. Untuk Windows XP, DirectX yang terbaru adalah Directx 9.0 C, sedangkan Windows Vista yang terbaru adalah DirectX 10. Untuk Windows 7 dan Windows 8 directX yang terbaru adalah DirectX 11.

Untuk mengunduh DirectX yang terbaru, anda dapat klik dibawah ini:
Link Installer Online

Link Installer Offline

Gambar 5. Mengunduh DirectX End-User Runtimes terbaru

b. Microsoft .Net Framework

Net Framework adalah bagian integral dari banyak aplikasi atau software yang berjalan di lingkungan Windows dan menyediakan beberapa fungsionalitas agar software tersebut dapat berjalan. Jika software anda meminta anda untuk menginstall ini, silahkan klik link dibawah ini:

Gambar 6. Mengunduh .Net Framework terbaru
c. Driver komputer

Banyak sekali software, khususnya game meminta anda untuk mengupdate driver komputer agar software tersebut dapat diinstall dan dapat dijalankan. Pada artikel yang lalu, Windowsku sudah menyediakan semua link untuk update driver. Bisa anda lihat disini:

Dari cara diatas, mudah-mudahan masalah anda dapat diselesaikan. Akhir kata, selamat mencoba. Salam, Windowsku.
Comments
4 Comments

4 komentar:

  1. sangat bermanfaat sekali, pingin windows 8 ..

    BalasHapus
  2. kalau masalah beda versi windows gimana ?
    misalnya program yang 32 bit tidak dapat di instal di 64 bit, dan sebaliknya..
    ada solusi ?
    Request artikel dong tentang Virtual OS..
    trims

    BalasHapus
  3. apa yg pling menonjol di windows 8 ya,dan apakah windows 8 udh sempurna? thanks..

    BalasHapus

Bagi pembaca yang ingin berkomentar, silahkan tinggalkan komentar anda melalui Facebook. Komentar yang ada di Facebook bisa saya tanggap dengan cepat. Komentar Blogger hanya bisa digunakan oleh pemegang Akun Blogger maupun Google+