Google Bagaimana Cara Kerja Internet? |Pusat Informasi Komputer dan Windows

Cari di Lebih Dari 500 Artikel WIndowsku

Memuat...

Sabtu, 15 September 2012

Bagaimana Cara Kerja Internet?

Kali ini, Windowsku akan membahas, apa dan bagaimana cara kerja dari internet. Kok bisa internet membawa kita menuju informasi yang kita butuhkan. Ini semua akan saya jelaskan di artikel ini. Tentu saja, internet sudah menjadi keseharian kita saat ini. Membuka jejaring sosial seperti Facebook juga dinamakan berinternet.









10 tahun yang lalu, untuk mendapatkan informasi, orang - orang membeli koran atau majalah, atau jika ingin menonton video, harus meminjam dan membelinya. Jika ingin mengirimkan surat, anda harus ke kantor pos.

Pada peta dibawah ini, anda dapat melihat bahwa banyak sekali yang mengarah ke satu titik. Itu seperti komputer yang dipasangkan oleh modem dan dipasangkan kebali oleh telpon kabel, atau kabel biasa, atau satelit, atau jaringan HP, dan tentu saja dipasangkan kembali ke komputer, server, router, dan modem kembali, dan begitulah selanjutnya. Tidak ada awal, dan tidak ada akhir.
Lalu, apakah yang membuat internet bisa berjalan? Itu semua berasal dari Internet Protocol atau IP. Atau, anda pernah mendengar istilah IP Address. Kalau anda tahu itu, apakah anda tahu fungsinya? Protocol adalah sebuat set dari metode untuk melakukan sesuatu. Sebagai contoh, pikirlah sebuat panggilan telpon yang masuk. Logikanya begini, anda mendengar telpon anda berdering, dan anda pun menjawab panggilan telpon dengan mengatakan "Helo" atau kata lainnya. Lalu, orang yang menelpon anda pun menjawab "Helo juga". Itu dinamakan Protocol dari panggilan telpon

Itu adalah dasar dari cara kerja internet. Anda memberitahukan komputer untuk mengkoneksikan ke sebuat resource atau sumber. Sebagai contoh windowsku.com. Windowsku.com adalah sebuah alamat yang dapat dibaca oleh manusia dan diingat dengan mudah. Namun, memiliki IP address yang bisa diterjemahkan oleh komputer. Misalnya, Windowsku.com memiliki IP Address 210.91.92.54

Dalam dunia internet, kita dapat menemukan istilah URL atau Universal Resource Locator, sama saja seperti Windowsku.com. Ada juga yang dinamakan Domain Nama Server (DNS) yang akan memeriksa URL dan akan mencari IP Address dari URL tersebut. Sebagai contoh, coba anda pikirkan ada sebuat buku telfon yang sangat besar. Anda akan mencari nomor telfon teman anda dan anda pun berhasil menemukannya. 
Apakah anda mengerti arti dari gambar diatas? Sebagai contoh, sebuah tempat yang bernama ARIN berada di blok ke 210. 3 digit pertama dari IP Address itulah yang dapat mengidentifikasikan lokasi dari website yang kita tuju.

Setiap data yang anda kirim akan dipaketkan. Bayangkan ketika anda mengirim sebuah buku melalui E-mail, halaman per halaman. Setiap halaman akan membawa alamat dari teman anda dan juga nomor halaman dari buku tersebut. Tentu saja, informasi berapa halaman buku itu, dan teman anda pun akan tahu itu semua. Dia juga akan mendapatkan alamat anda.

Jadinya, setiap paket akan membawa IP Address, sebuah angka untuk mengetahui apakah paket tersebut dapat diterima, berapa paket yang akan diterima, dan tentu saja IP Address-mu.

Ini adalah dasar dari Internet dan sebenarnya lebih rumit lagi. Dulu orang mengirim sebuah informasi atau data melalui kabel. Pada jaman ini, internet sangat memudahkan kita untuk menerima informasi.
Comments
8 Comments

8 komentar:

  1. kronologis

    karena ingin mencoba menginstal window7 pada komputer saya yang sebelumnya memakai os windows xp.
    kmudian saya instal windows 7 pada komputer hingga selesai.tetapi di sini saya mempunyai masalah
    setelah menginstal windows 7
    1.Saat masuk di windows explorer disk (D) tidak terbaca
    2.saat masuk awal ada peringatan bot manager
    Mohon untuk Master untuk membantu saya
    THANKS

    BalasHapus
  2. kunjungan silaturahmi sob...

    kalo ip address modem itu berdasar kartu sim apa bukan yaa sob?

    BalasHapus
  3. wah selama ini saya menggunakan internet saja tanpa tahu cara kerja darisistem internet itu sobat..

    makasih untuk infonya sobat...

    BalasHapus
  4. penjelasan yg detail,
    ternyata sistem dan proses internet itu rumit dan jlimet ,
    tapi luar biasa uraiannya mas, terima kasih

    BalasHapus
  5. Reza Syahria W1 November 2012 12.32

    makasih ya atas informasinya.... Saya akan lebih senang lagi apabila anda memberitahu secara detail dan lengkap kaREna ada kaitan dengan tugas kuliah he2012x......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama - sama sobat. Sarannya masih ditampung dulu ea? Karena berhubung saya sebagai admin masih sibuk. hehehe
      mohon bersabar...

      Hapus
  6. Om, apakah anda tau windows 7 itu adalah salah satu sistem operasi close sources. Nah sekarang saya mau bertanya kepada anda, apa sih bagian-bagian terpenting dari sebuah sistem operasi itu ... inget ya saya bertanya sistem operasi nya bukan cara atau triknya. Soalnya saya cuman tau kernel doank :) thank you min :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, bukan hanya Windows 7, smua versi windows memang close source.

      Bagian terpenting dari Sistem operasi? Saya sendiri sih kurang tau, tapi kalau tau, ntar saya bahas disini...

      Hapus

Bagi pembaca yang ingin berkomentar, silahkan tinggalkan komentar anda melalui Facebook. Komentar yang ada di Facebook bisa saya tanggap dengan cepat. Komentar Blogger hanya bisa digunakan oleh pemegang Akun Blogger maupun Google+