Google Cara Menginstall Ubuntu Dengan Menggunakan VirtualBox (XP, Vista, 7, dan 8) |Pusat Informasi Komputer dan Windows

Cari di Lebih Dari 500 Artikel WIndowsku

Memuat...

Kamis, 23 Agustus 2012

Cara Menginstall Ubuntu Dengan Menggunakan VirtualBox (XP, Vista, 7, dan 8)

Kali ini, Windowsku akan membahas cara menginstall Ubuntu. Tentunya, dengan bantuan software yaitu VirtualBox. VirtualBox adalah sebuah software virtual yang dapat menginstall OS dalam OS utama. OS utama yang saya maksudkan adalah OS primer yang terinstall di komputer kita. Biar tidak bingung, dengan memakai cara ini, saya dapat menginstall Ubuntu di dalam komputer saya yang sudah terinstall Windows 7.



Cara ini sangat berguna, jika kamu ingin sekedar mencoba OS baru, atau tidak mau bersusah payah menginstallnya lewat Boot dan BIOS. VirtualBox ini dapat kamu gunakan secara gratis, dan dapat diunduh melalui website di:

Dan, unduh (download) Ubuntu 12.04 (versi terbaru) Precise Pangolin di website resminya, di:

Yuk! Mari kita mulai tutorialnya. Saya sangat sarankan untuk membaca semua ulasan yang saya berikan, agar tidak salah nantinya.

Konfigurasi VirtualBox

Install VirtualBox di komputer kamu. Lalu, jalankan VirtualBox. Klik "Baru" untuk memulai konfigurasi VirtualBox.
Lalu, akan keluar jendela "Selamat datang". Klik Next untuk melanjutkan. Langkah berikutnya yaitu memberikan nama untuk OS yang akan kamu install. Berikutnya, pilih Operating System Linux dan pilih Version Ubuntu. Seperti gambar dibawah ini:

Langkah selanjutnya adalah menentukan besar RAM yang akan digunakan. Saya sarankan untuk memakai RAM 512 MB. Jika sudah klik Next.
Lalu, kamu akan dihadapkan dengan opsi Hard disk Virtual. Karena ini virtual, tentu saja kamu tidak perlu menambah Hard Disk baru lagi. VirtualBox akan mengambil kapasitas hard disk kamu untuk membuat Hard Disk Virtual. Beri checkbox pada "Start-up disk" dan klik "Create new hard disk". Jika sudah klik Next
Jendela baru akan keluar. Kamu akan diminta untuk konfigurasi Hard disk virtual. Saya sarankan untuk memilih Hard disk virtual yang jenisnya VDI (VirtualBox Disk Image). Lalu, klik Next
Langkah selanjutnya adalah memilih detail dari Virtual Disk. Ada dua jenis yang diberikan, yaitu:
  1. Dynamically Allocated: Maksud dari jenis ini adalah Hard disk Virtual yang akan digunakan oleh Ubuntu nantinya, semakin lama semakin besar, jika kamu menambahkan data ke Hard disk Virtual dari Ubuntu. Sebagai contoh, jika kamu mengunduh (download) file menggunakan Ubuntu, maka Hard disk Virtual akan bertambah kapasitasnya.
  2. Fixed Size: Maksud dari jenis ini adalah, Hard disk Virtual yang digunakan oleh Ubuntu nantinya adalah kapasitas yang pasti. Jika kamu memberikan Hard disk Virtual dari Ubuntu kapasitasnya hanya 5 GB. Maka, data yang tersimpan di Ubuntu, tidak boleh lebih dari 5 GB.
Supaya lebih mudah, saya sarankan untuk menggunakan Dynamically Allocated. Klik Next jika sudah.
Lalu, carilah tempat untuk menyimpan Hard disk Virtual Ubuntu. Kemudian, tentukan kapasitas Hard disk Virtual yang akan digunakan oleh Ubuntu. Jika sudah, klik Next. Seperti gambar dibawah ini:
Selanjutnya, kamu diberkan risalah, atau deskripsi dari apa yang kamu buat. Langsung saja, klik Create. Jendela hard disk Virtual akan menghilang. Lalu, klik "Create" lagi untuk menyudahinya. Maka, akan tersedia detail dari Ubuntu Precise Pangolin di VirtualBox. Seperti pada gambar dibawah ini:

Klik "Mulai" untuk menginstall Ubuntu Precise Pangolin.

Jendela Selamat datang akan muncul. Klik "Next" untuk melanjutkan. Selanjutnya, klik Icon "Browse" untuk mencari file ISO dari Ubuntu yang telah kamu unduh (Download). Jika sudah, klik Next:
Maka, akan keluar Risalahnya. Klik Mulai.

Menginstall Ubuntu 12.04 Precise Pangolin

Ubuntu akan loading pada VirtualBox dan mempersiapkan instalasi. Lalu, klik "Install Ubuntu" pada VirtualBox.
Jika anda memiliki koneksi internet, anda bisa menginstall Update dari Ubuntu saat Ubuntu melakukan instalasi. Yang perlu anda lakukan adalah memberi tanda centang pada "Download updates while installing" Klik "Continue" jika sudah.
Langkah selanjutnya adalah memilih opsi partisi. Saya sarankan memilih opsi pertama, yaitu "Erase disk and install Ubuntu". Dan klik Continue.
KETERANGAN: Data kamu di komputer tetap aman, maksud dari Erase disk adalah menghapus harddisk virtual yang telah dibuat oleh VirtualBox. Data yang ada di Windows akan tetap ada.
Lalu, langkah selanjutnya klik "Install Now".
Lalu, Ubuntu akan melakukan instalasi. Selama proses instalasi, anda diminta untuk memasukkan beberapa informasi. Yang pertama adalah kota dimana anda tinggal.
Klik "Continue" jika sudah. Lalu, pilih keyboard layout "English (US)". Lalu klik "Continue".
Lalu, anda diminta untuk memasukkan nama anda, nama komputer anda, username, beserta password. Jika sudah, klik "Continue".
Selesai memasukkan data, silahkan tunggu hingga proses instalasi Ubuntu selesai.
Setelah selesai melakukan instalasi, Ubuntu akan meminta untuk restart. Klik "Restart".
Ubuntu akan melakukan konfirmasi sekali lagi. Tekan tombol Enter untuk melakukan restart. Setelah restart, anda siap menggunakan Ubuntu. Selamat!

Kesimpulan


Instalasi Ubuntu di VirtualBox tidaklah terlalu sulit dan semua orang dapat menggunakannya. Tapi, mudah - mudahan dengan adanya tutorial ini, semakin membantu dan mempermudah anda dalam melakukan instalasi. Akhir kata, selamat menggunakan Ubuntu 12.04 Precise Pangolin.
Comments
17 Comments

17 komentar:

  1. wah bisa ya gan, ehm. aga kurang paham. mungkin harus coba kali ya. ehm.. boleh nie mampir lagi kalau mau coba. makasih ya.

    BalasHapus
  2. wah ane baru tau nih caranya. makasih sob..

    BalasHapus
  3. mantabs soba, tutorialnya, kebetulan ini sudah menjadi tradisi saya mencoba OS menggukana virtual machine sobat...

    BalasHapus
  4. kunjungan silaturahmi sob...

    bermanfaat banget nih...
    dan alhamdulilah saya dah sempet coba Linux Mint make cara seperti diatas...

    nice post

    BalasHapus
  5. wah...benar-benar bisa belajar tentang open source LINUX di blog super ini :)

    BalasHapus
  6. Kalau make ubuntu, saya kurang mngerti sob

    BalasHapus
  7. makasih panduan installnya gan.

    BalasHapus
  8. udah ana install sobatku, tapi mohon bantuannya... gimana cara agar bisa koneksi internet lewat Ubuntu dalam virtualbox ??...sbelumnya ana ucapin terima ksih atas bantuannya

    BalasHapus
  9. utk koneksi internet ana pake modem USB CERIA, udah satu harian settingan internet'y ana obrak-abrik namun belum sukses jga

    BalasHapus
  10. mantap sob, dengan cara ini kita bisa mulai berkenalan dengan system operasi opensource tanpa meninggalkan windows

    BalasHapus
  11. wahhh, thanks kak :) kbetulan saya mmang dari dulu mau coba" ubuntu baru skrg tersampaikan :) thanks (y)

    BalasHapus
  12. kok di virtual boxku enggak bisa install ubuntu ya. ada kesalahan pada force_addr=0xaddr

    BalasHapus
  13. kalo saya pake dual boot langsung.. mumet banget keknya pake ini lebih simple

    BalasHapus

Bagi pembaca yang ingin berkomentar, silahkan tinggalkan komentar anda melalui Facebook. Komentar yang ada di Facebook bisa saya tanggap dengan cepat. Komentar Blogger hanya bisa digunakan oleh pemegang Akun Blogger maupun Google+