Google Cara Memperbaiki Masalah Hibernate di Windows 7 |Pusat Informasi Komputer dan Windows

Cari di Lebih Dari 500 Artikel WIndowsku

Memuat...

Minggu, 05 Agustus 2012

Cara Memperbaiki Masalah Hibernate di Windows 7

Ketika kamu melakukan opsi Hibernate, Windows 7 akan menyimpan semua konten yang ada di RAM dan dipindahkan ke disk. Lalu, setelah kamu menghidupkan komputer lagi, Windows akan mengembalikan konten yang ada disk ke RAM. Sehingga, program yang berjalan pada saat Hibernate, dikembalikan lagi. Tentu saja, ini berbeda dengan Sleep, karena sleep memerlukan sedikit power untuk bisa melakukan proses sleep.







Jika komputer kamu tidak bisa melakukan Hibernate, atau tidak bisa melakukan Resume, Windowsku memiliki tips supaya komputer kamu bisa melakukan Hibernate dengan benar. Inilah triknya:

Menonaktifkan Taskbar Auto-Hide

Windows 7 ternyata masih tersimpan bug (gangguan) yang akan mengakibatkan komputer kamu tidak bisa melakukan Hibernate. Kamu bisa menonaktifkan Taskbar Auto-Hide dengan cara, klik kanan di Taskbar, dan klik Properties. Lalu, pada Tab Taskbar, hilangkan tanda centang dari "Auto-hide the taskbar". Seperti gambar dibawah ini:
Update Driver dari Hardware

Supaya proses Hibernate berhasil, Windows akan menyimpan status dari Hardware ke disk, dan akan dikembalikan lagi pada saat Resuming Windwos. Proses ini tentu berkaitan dengan driver di komputer kita. Sehingga, mengupdate driver adalah solusi yang tepat.

Banyak sekali tempat untuk mengunduh (download) driver. Sebelumnya, Windowsku sudah membagikan daftar website penyedia driver komputer. Silahkan pembaca membaca artikel tersebut.

Memperbaiki File Hiberfil.sys

Ketika kamu melakukan Hibernate, Windows menyimpan memori dari sistem ke file yang bernama Hiberfil.sys pada root C:\. Saat file ini corrupt, tentu saja Hibernate tidak bisa berjalan. Untuk memperbaiki Hiberfil.sys yang corrupt, kamu bisa menonaktifkan dan mengaktifkannya kembali. Windows akan menghapus Hiberfil.sys dan membuatnya kembali.

Untuk melakukan hal ini, kamu harus membuka Command Prompt sebagai administrator. Buka Start menu, ketik "CMD", lalu klik kanan dan klik "Run as administrator". Lalu, jalankan kedua perintah ini:
powercfg.exe /hibernate off

Lalu, ketika lagi perintah dibawah ini:
powercfg.exe /hibernate on

Seperti gambar dibawah ini:

Mencegah Device Membangunkan Komputer

Kadang kala, saat kita melakukan Hibernate, tiba - tiba, komputer menyala kembali dan proses Hibernate tidak berjalan. Jika komputer kamu melakukan hal ini, ini berarti ada device yang membangunkan komputer kamu.

Untuk mencegahnya, buka Device Manager dengan cara buka Start menu dan ketik "device manager" dan tekan enter. Lalu, bukalah Network adapters, klik kanan Network adapter yang kamu punya dan klik Properties.
Lalu, buka Tab Power Management, hilangkan tanda centang pada "Allow this device to wake the computer".

Nah, silahkan pembaca menggunakan cara ini. Semoga, masalahnya bisa kelar. Tetap kunjungi Windowsku...
Comments
17 Comments

17 komentar:

  1. maksih bnyk untuk infonya

    BalasHapus
  2. makasih untuk info hiberate pada windows 7 nya sobat, di save dulu kalau dibutuhkan tinggal lihat tutornya lagi sobat...

    BalasHapus
  3. Trima kasih sob sdh berbagi info yg sangat bermanfaat...
    Cocok untuk sy yg lgi getol belajar .. :)
    Sukses slalu ya :)

    BalasHapus
  4. sangat bermanfaat penambah wawasan nih

    BalasHapus
  5. SIPPP NICH GAN, INFONYA DETAIL BANGET! EH ADA CI AWI :D

    BalasHapus
  6. Terima kasih sahabat atas berbagi pengetahuannya ini

    BalasHapus
  7. entah lucu atau tidak..
    punya saya hibernate justru saya nonaktifkan.. heehee

    perdana disini sob..

    BalasHapus
  8. Wah begitu ternyata hahaha
    boleh di ctrl+D nih :)

    BalasHapus
  9. jangankan hibernate, standby aja komputer langsung mendadak lemot..

    *apa efek memori yang kurang ya..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa jadi, atau silahkan agan coba mengikuti tips dibawah ini agar komputer semakin cepat:
      http://www.windowsku.com/2012/07/hal-hal-yang-dapat-membuat-windows.html

      Hapus
  10. wah, asyik infonya. terus tambah yang seru

    BalasHapus
  11. wah makasih nih tutorial nya sob...? bermanfaat bgt nih buat saya..karena saya masih awam bgt klo masalah ginian sob...nice post

    BalasHapus
  12. siiip dech tutorialnya,,,
    saya save sob,,, akan saya praltekan besok di kompi kantor yg pake win7

    wilujeng negblog

    BalasHapus
  13. Halo, mohon bantuannya.
    Laptop saya sekitar 2 bulan lalu re-install. Awalnya fitur sleep dan hibernate masih jalan. Tapi selang 1-2 mgu setiap di sleep malah log-off dan windows do not shut down properly. Hibernate juga, pas mau resume layarnya blank cuma ada kedip2 di kanan atas, harus hard shut down. Tolong dibantu :|

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga Tia. Saya Admin dari Windowsku.com

      Apakah Tia sudah mencoba cara diatas? Kalau sudah tapi belum berhasil, sepertinya laptop Tia terkena virus. Langkah pertama, silahkan anda scan komputer dengan Antivirus yang paling baru. Saya sarankan memakai AVG.

      Jika masalah belum juga selesai, berarti ada masalah driver di Laptop anda. Silahkan update Driver laptop anda ke yang paling baru. Anda bisa mendownload driver terbaru di sini:
      http://www.windowsku.com/2012/07/daftar-website-penyedia-driver-komputer.html

      Sekian jawaban dari saya. Semoga dapat membantu.

      Hapus
  14. kompi saya kalo hibernet di jalankan ketika on minta resum dan kadang bleng hitam lama. atau ada tulisan putih (...?) mohon bantuan ini sangat berarti buat saya. kalo kiranya ga keberatan kirim saran ke kembarjaya_jaji@yahoo.com
    terimakasih sebelumnya

    BalasHapus

Bagi pembaca yang ingin berkomentar, silahkan tinggalkan komentar anda melalui Facebook. Komentar yang ada di Facebook bisa saya tanggap dengan cepat. Komentar Blogger hanya bisa digunakan oleh pemegang Akun Blogger maupun Google+