Jumat, 20 Juli 2012

Penjelasan Lengkap Tentang Teknologi Wireless: (GPRS. EDGE, 3G, dan 4G & LTE)

Kali ini, Windowsku akan mengulas masalah perangkat Wireless yang telah kita gunakan selama ini. Akan saya jelaskan secara sederhana dan dapat dimengerti oleh semua pembaca. Kita semua tahu teknologi Wireless yang ada di HP atau SmartPhones. Tiap hari, pasti kita menggunakan teknologi Wireless tersebut. Sebenarnya, apakah dibalik teknologi tersebut? Kita akan ketahui bersama.











GPRS (General Packet Radio Service)

Jaringan Wireless yang paling lambat dari yang terlambat adalah GPRS. Kepanjangan dari General Packet Radio Service. Ini merupakan salah satu teknologi modern untuk transfer data via cellular networks. Sebenarnya, teknologi GPRS bukan yang pertama, karena nama lain dari GPRS adalah 2.5 G, atau generasi kedua setengah. Kecepatannya berkisar antara 56-114 kbit/s. Jangan sampai terkecoh karena itu merupakan Kilobit, bukan Kilobyte. Tentu saja, dengan kecepatan seperti itu, membuka sebuah website memakan waktu yang sangat lama. Bahkan, jika kita berinternet di HP atau Smartphone.

EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution)

Teknologi selanjutnya dikenal dengan nama EDGE. Kepanjangannya adalah Enhanced Data rates for GSM Evolution. Nama resminya adalah 2.9G. Kecepatannya adalah 1 Mbit/s, tapi kecepatan sebenarnya adalah 400 Kbit/s. Dibandingkan dengan GPRS, teknologi EDGE lebih cepat daripada GPRS.

3G

Teknologi selanjutnya adalah 3G atau generasi yang ketiga. Hadirnya 3G benar - benar membawa hawa segar, karena membawa kecepatan yang lebih banyak, yaitu maksimal kecepatannya 28 Mbit/s. Dengan kecepatan seperti ini, SmartPhones dapat menjelajah internet dan mengunduh dengan leluasa dan membuat internet menjadi lebih gampang diakses.

4G & LTE

Kita sekarang memasuki generasi keempat yaitu 4G. Tentu saja, kehadiran 4G membawa banyak sekali improvisasi terhadap kuallitas suara saat menelfon dan juga koneksi yang lebih cepat. Maksimal kecepatan 4G adalah 100 Mbit/s. Banyak SmartPhone yang beredar sekarang dapat memakai 4G. Akan tetapi, ada beberapa perubahan nama dari 4G dan diberi nama LTE (Long Term Evolution). Tetapi, pada umumnya dijadikan satu, yakni "4G LTE".

Di Indonesia, nampaknya belum terdapat BTS yang mampu memberikan teknologi 4G ini. Kita tunggu saja, kapan indonesia akan menghadirkan teknologi ini.
Comments
5 Comments

5 komentar :

  1. sungguh ulasan yang menarik dan mudah dipahami :)

    BalasHapus
  2. GPRS cukup lumayan loh gan klo cuma pake HP. ya cukup lah klo menurut ane :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, kalok buka facebook aja sih ckup, tp lok buka yg lain, pgen sy banting HP sy lok pake GPRS... :)

      Hapus
  3. tergantung gadgetnya bang, klo gadgetnya punya, teknologi mendukung. klo ga ada, ya GPRS boleh lah. bukan begitu? tapi makasih ni, jadi tambah tau

    BalasHapus

Bagi pembaca yang ingin berkomentar, silahkan tinggalkan komentar anda melalui Facebook. Komentar yang ada di Facebook bisa saya tanggap dengan cepat. Komentar Blogger hanya bisa digunakan oleh pemegang Akun Blogger maupun Google+