Google Bagaimana Cara Merubah Network Sharing Settings di Windows 7? |Pusat Informasi Komputer dan Windows

Cari di Lebih Dari 500 Artikel WIndowsku

Memuat...

Senin, 09 Januari 2012

Bagaimana Cara Merubah Network Sharing Settings di Windows 7?

Sekarang, saya akan melanjutkan kembali artikel tentang Networking. Di artikel ini, kita akan belajar bagaimana cara mengubah pengaturan Network Sharing di Windows 7. Dibandingkan dengan versi Windows sebelumnya, pengaturan Network Sharing di Windows 7 sangatlah mudah.


Dimana kita bisa menemukan Network Sharing Settings?
Sekarang, kamu buka Network and Sharing Center, dengan cara klik Start menu, dan ketik "Network and Sharing Center". Setelah terbuka, di bagian kiri akan ada tulisan "Change advanced sharing settings". Klik dan menu lainnya akan terbuka.












Pada jendela "Advanced sharing settings" kamu akan melihat ada 2 kategori. Yaitu "Home or Work" dan "Public". Di komputer saya, saya menggunakan "Public".






















Jika kamu klik tanda panah bawah, maka opsi "Public" akan terbuka.


































Sekarang saya akan menjelaskan semua opsi tersebut, sehingga pembaca dapat memahaminya dengan benar.

Turn On or Off Network Discovery
Pengaturan pertama diberi nama "Network Discovery". Ketika dihidupkan, komputer akan dapat mencari perangkat yang lain pada network yang kamu hubungkan (Connected). Dan juga, komputer lain akan dapat menemukan komputer kamu.







Turn On or Off File & Printer Sharing
Selanjutnya, kamu bisa menghidupkan atau mematikan File dan Printer Sharing. Ketika dihidupkan, kamu dapat membagi konten ke komputer lain pada network yang sama. Ketika dimatikan, kamu tidak akan bisa membagi apapun. Walaupun komputer kamu terlihat di perangkat lainnya, tak ada seorangpun yang dapat mengakses file atau folder yang dibagikan.






Turn On or Off Public Folder Sharing
Satu cara untuk dapat membagi file dan folder adalah dengan memindahkannya ke Windows 7 Public folders. Folder tersebut dapat kamu temukan di 'C:\Users\Public\". Ketika opsi ini dihidupkan, apapun file dan folder yang kamu copy ke folder tersebut akan terlihat oleh komputer lain di network yang sama.







Peringatan: Jangan menghidupkan Folder Sharing jika kamu berada di lingkungan publik yaitu orang umum. Kecuali, jika kamu mempercayai tempat tersebut, kamu dapat menghidupkan Folder Sharing. Jika kamu berada di "Home or Work", kamu dapat menghidupkan Folder Sharing.

Turn On or Off Media Streaming
Opsi selanjutnya yaitu tentang Media Streaming. Fitur ini membolehkan kita untuk melihat file multimedia seperti gambar, video, dan musik dengan menggunakan Windows Media Player. Untuk mengubah pengaturannya, kamu dapat mengklik "Choose media streaming options...".









Lalu, kamu akan melihat perangkat apa saja yang media streaming-nya dihidupkan. Jika kamu tidak membutuhkan fitur ini, klik "Block All" saja.

















Jika media streaming di matikan, kamu akan diminta untuk menghidupkan media streaming. Klik "Turn on media streaming". Lalu, kamu akan melihat opsi yang sama seperti gambar diatas.













Encryption for File Sharing Connection
Pengaturan selanjutnya yaitu untuk enkripsi koneksi network yang sedang aktif. Secara default, Windows 7 mengatur enkripsi 128-bit.









Turn On or Off Password Protected Sharing
Password protected sharing membolehkan orang lain untuk mengakses file dan folder yang kamu bagikan (Share) jika orang tersebut mempunyai 'User Account' dan 'Password' yang sudah dibuat di komputermu.








Mengatur Koneksi HomeGroup
Di artikel yang lalu, kita sudah membahas fitur HomeGroup secara detail. Secara default, Homegroup mempunyai password yang sama pada tiap komputer yang sudah tergabung. Mempunyai password yang sama tidak direkomendasikan oleh Windows, sehingga kita harus memilih 'Allow Windows to manage homegroup connections'. Agar, Windows yang mengatur koneksi homegroup.









Sekian untuk artikel hari ini. Mudahan, dapat membantu pembaca semua.
Comments
15 Comments

15 komentar:

  1. terima kasih atas penjelasannya sobat, :) sangat detail dan mudah difahami :)

    BalasHapus
  2. wah,, thx sob :D
    sangat bergna bagi pengguna 7 sperti saya :)

    BalasHapus
  3. gan,kok network discovery ya gx bisa di on kan yah???
    waktu di save changes masuk ke option nya lagi turn if lagi,gx bisa di on kan

    BalasHapus
  4. itu turn off bukan turn if

    BalasHapus
  5. wah,sayang yah saya tidak pakai windows 7..
    tapi gpp,ini sangat bagus untuk pengguna window 7..

    BalasHapus
  6. harga notebook24 Maret 2012 13.15

    ok sob ,tnx atas info nya?

    BalasHapus
  7. cara biar komputer kita tidak keliatan di network tpi tetap terhubung dan bisa copy data di file sharing compi laen???

    BalasHapus
  8. cara biar komputer kita tidak keliatan di network tpi tetap terhubung dan bisa copy data di file sharing compi laen???
    aku pake win7

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, gak bisa sob...
      itu hal yang mustahil, tapi kalau saya tau, pasti saya share disini...

      Hapus
  9. Saya sering ganti lokasi hotspot, di sekolah ada 2 lokasi dan di rumah. Selama ini selalu setting ip lagi setiap akan pindah lokasi hotspot. Ini sangat merepotkan. Bagaimana caranya agar setting ip dari masing-masing hotspot tersebut tetap tersimpan di komputer?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukankah di windows sudah tersedia opsi "Obtain IP Address automatically"?
      coba dulu pilih cara itu...
      caranya, klik kanan TCP Ipv4 dan klik Properties...

      Hapus
  10. heran gw pada saat "save change" kok ga mau ngesave
    gw ulangin terus tetap ga mau, settingannya tetap kembali ke "turn off network discovery"
    ada solusi gag untuk masalah gw?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama tuh, sy juga ngalamin hal yg sama. mhn solusinya jg

      Hapus
  11. Gan, kedua kompi ane udah ane setting di home network, tapi kalo abis direstart/dihdup in kembali, kok settinganya kembali ke public network ? Knpa gan? Ada solusinya buat setting tetap pada home network ?

    BalasHapus
  12. ane beda masalah na ni gan, ada 2 komp ni peer to peer. Semua di network & sharing senter kecuali pwd ana on. PC 1 boleh disave. Pc 2 disave di buka kembali, tak berobah sama sekali. Itu kenapa ya gan?

    BalasHapus

Bagi pembaca yang ingin berkomentar, silahkan tinggalkan komentar anda melalui Facebook. Komentar yang ada di Facebook bisa saya tanggap dengan cepat. Komentar Blogger hanya bisa digunakan oleh pemegang Akun Blogger maupun Google+