Minggu, 29 Januari 2012

Apa Yang Harus Dilakukan Saat Selesai Install Windows? Apakah Tips Supaya Tidak Error?

Kedua pertanyaan tersebut akan saya jawab di artikel ini. Banyak sekali yang mengeluh, Windowsnya error dan bermasalah. Saat pertama kali saya install Windows 7 5 bulan yang lalu, dan sampai sekarang, tidak ada error yang menghinggapi Windows saya. Apakah tipsnya, bagi yang baru install Windows atau yang tidak ingin Windowsnya terkena error, silahkan ikuti tips ini:





1. Install Antivirus + Antispyware
Windows baru SANGAT WAJIB memasang Antivirus. Cukup satu, tidak boleh lebih. Jika ingin memasang dua Antivirus, pastikan Antivirus luar negeri + Antivirus lokal. Alasannya dapat kamu lihat di artikel ini. Saya sarankan memasang AVG atau Avast. Karena kedua Antivirus tersebut adalah Antivirus yang paling banyak dipakai saat ini menurut www.download.com, dimana website tersebut adalah pusat unduh software. Saya dirumah memakai AVG dan sampai sekarang, tidak terkena Virus.

Memasang Antivirus akan menjegah malware jahat masuk, yang dapat mengakibatkan error. Untuk itu, tidak ada Antivirus sama saja dengan bunuh diri.

2. Perhatikan warna peringatan UAC (User Account Control)
Di Windows Vista, Windows 7, dan Windows 8, ada dua peringatan dalam UAC. Jika kita menjalankan aplikasi lalu UAC muncul dengan warna BIRU, itu bertanda software tersebut aman. Sedangkan jika UAC bertanda kuning, berarti software tersebut kurang aman. Untuk lebih jelas silahkan lihat artikel ini "2 Jenis Peringatan User Account Control (UAC)".

3. Jangan Sembarangan Install Software
Kecuali jika kamu pernah memakai sebelumnya dan Windows kamu terlihat baik - baik saja, maka software tersebut boleh diluncurkan.

4. Selalu Buat System Restore Point Sebelum Menginstall Software
System Restore berguna untuk mengembalikan Windows kekeadaan semula. Jadi, saat terjadi error, Windows kamu bisa dikembalikan kekeadaan semula. Saya sering memakai System Restore, karena harus mencoba berbagai software untuk artikel di blog ini. Untuk memastikan kalau software tersebut aman digunakan. Untuk membuat System Restore Point, silahkan baca artikel ini "Seluk Beluk System Restore".

5. Hidupkan Firewall
Firewall berguna untuk memblokir koneksi berbahaya ke komputer kita, yang dapat menyebabkan error dan lain sebagainya. Di Windows, sudah tersedia Windows Firewall yang siap melindungi komputer kamu.

6. Update Windows
Dengan mengupdate Windows, Windows akan aman dari serangan software jahat dan juga bisa memperbaiki error. Jangan lupa untuk selalu Upgrade ke Service Pack terbaru untuk Windows kamu. Windows XP mempunyai Service Pack 3, Windows Vista yang terakhir mempunyai Service Pack 2, dan Windows 7 terakhir mempunyai Service Pack 1.

Semua prosedur diatas sudah saya terapkan dan hasilnya, komputer saya bebas error dari 5 bulan yang lalu. Jadi, pastikan kamu melakukan prosedur diatas. Saya jamin, pasti tidak akan error lagi.
Comments
5 Comments

5 komentar :

  1. yang terpenting bagi saya adalah instal antivirus terlebih dahulu sobat...

    BalasHapus
  2. owh,begitu toh tipsnya..
    ini sangat membantu gan..
    klo microsoft security essential bagus gak gan??

    BalasHapus
  3. Gan... saya mau tanya..!!!
    kalo habis instal ulang windows drivernya di update juga gak...????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat perlu sobat, agar performa hardware dalam keadaan terbaik, diperlukan juga driver yang paling baru...

      Hapus
  4. Bitch Please, Install Loader / Crack untuk Vista & 7

    BalasHapus

Bagi pembaca yang ingin berkomentar, silahkan tinggalkan komentar anda melalui Facebook. Komentar yang ada di Facebook bisa saya tanggap dengan cepat. Komentar Blogger hanya bisa digunakan oleh pemegang Akun Blogger maupun Google+